Pengobatan Penyakit Asma

Pengobatan Penyakit AsmaPenyakit asma adalah suatu penyakit yang dikarakteristikkan dengan adanya respons yang berlebihan dari trakea dan bronki terhadap berbaga rangsangan dan bermanifestasi dengan penyebaran penyempitan saluran napas yang beratnya dapat berubah secara spontan atau berbagai hasil dari terapi. Secara klinik, asma bronchial ini ditandai dengan serangan spasme bronkus hebat dengan batuk, mengi, dan dispnea (sesak napas). Pengobatan penyakit asma adalah dengan pemberian obat. Obat dapat diberikan dalam berbagai bentuk dan cara , yaitu sebagai berikut :

Pengobatan Penyakit Asma

Pengobatan Penyakit Asma

  1. Mulut : Obat yang diberikan melalui mulut seperti tablet, puyer, dan sirup dengan jarak waktu tertentu. Semprotan melalui mulut diberikan pada waktu tertentu jika dirasa perluĀ  atau secara terus menerus. Obat pengontrol tanpa steroid diperlukan untuk melebarkan saluran napas, umumnya diberikan hanya bila dibutuhkan saja. Sementara itu, obat yang dapat mencegah asma dengan steroid dalam jumlah sedikit, harus diberikan secara terus menerus.
  2. Hidung : dengan cara diisap/dihirup. Perlu diketahui bahwa cara pemberian obat asma yang terbaik dengan disemprot/diisapĀ  (inhalasi) langsung ke saluran napas, khususnya untuk pemberian jangka panjang. Ada beberapa alasanyang mendasarinya. Pertama, obat yang disemprot. Diisap akan masuk langsung ke saluran napas, sehingga efeknya lebih cepat. Kedua, karena masuknya langsung ke saluran napas, dosisnya bisa lebih kecil untuk memperoleh efek yang baik. Ketiga, efek samping obat yang disemprot/diisap akan lebih kecil dibandingkan obat yang diminum. Pendapat sebagian masyarakat yang mengatakan bahwa obat yang disemprot/diisap akan menyebabkan ketagihan adalah tidak benar. Pemberian obat penyakit asma seperti inilah yang dianggap sebagai cara terbaik.
  3. Pengobatan penyakit asma dengan melalui suntikan : Obat yang diberikan melalui suntikan dapat dilakukan melalui bawah kulit dalam otot, atau dalam pembuluh darah balik. Selain itu, pemberian obat dapat dilakukan melalui infuse rumah sakit.
  4. Supositoria : Cara mengobati asma dengan diberikan melalui dubur, dilakukan jika penderita tidak bisa makan atau minum karena mual atau muntah. Obat pengontrol memang bertujuanagar saluran napas tidak cepata menyempit bila ada rangsangan tertentu. Yang termasuk dalam obat pengontrol pada dasarnya adalah yang bekerja sebagai anti peradangan (inflamasi) serta melalui berbagai mekanisme lainnya. Yang menyulitkan, obat pengontrol ini mungkin harus dipakai setiap hari, baik ada maupun tidak ada serangan, dalam jangka waktu lama, bahkan hingga bertahun-tahun.

Dalam perkembangannya, ada beberapa kombinasi obat yang dapat diberikan pada pengobatan penyakit asma, baik antara pelega dan pengontrol, maupun 2 obat pelega atau 2 obar pengontrol sekaligus. Setidaknya ada 4 kombinasi obat asma yang mungkin dilakukan pada pengobatan penyakit asma adalah :

  1. Kombinasi inhalasi
  2. Kombinasi melalui hidung dan mulut
  3. Kombinasi ketiga adalah kortikosteroid inhalasi dikombinasi dengan obat golongan leukotriene modifier. Dalam hal ini penggabungan 2 jenis anti-inflamasi yang berfungsi sebagai pengontrol. Namun leukotriene modifier selain berperan sebagai anti-inflamasi juga berperan mencegah penyempitan saluran napas.
  4. Kombinasi keempat adalah obat golongan antikolinergenik dengan bronkidilator kera singkat (yang kerjanya 8 jam, jadi harus digunakan 3 kali sehari). Kombinasi keempat ini adalah penggabungan dua jenis obat pelega, tetapi bila digabung menjadi satu disebutkan memiliki efek jangka panjang yangb baik.

Pengobatan penyakit asma pada ibu hamil dilakukan dengan mengurangi tingkat keparahan penyakit asma. Beberapa wanita biasanya akan merasakan bahwa penyakit asma akan menjadi semakin memburuk, dan sementara pada wanita lain ada yang tidak merasakan suatu perbedaan yang signifikan pada gejala asma yang mereka alami. Dan hal yang harus dilakukan dari cara mengobati asma adalah dengan memberitahu pada dokter ahli kandungan Anda bahwa Anda sedang menyandang penyakit asma.

Dan pengobatan penyakit asma secara medis dilakukan dengan menggunakan obat yang bisa membantu melebarkan saluran nafas yang proses kerjanya adalah dengan melemaskan otot-otot pada saluran nafas yang mengalami penyempitan. Obat untuk asma ini adalah obat bronkodilator. Sedangkan penggunaan obat kortikosteroid adalah obat sebagai antialergi dan juga anti-inflamasi yang diberikan dengan tujuan sistemik yakni untuk menyalurkan ke seluruh tubuh dengan melalui sistem peredaran darah.

Cara mengobati asma yang dilakukan secara alami adalah dengan cara dibawah ini :

  1. Konsumsi kopi
    Cara mengobati asma dengan kopi adalah dengan minum kopi hangat disaat asma sedang kambuh. Hal ini bisa membantu untuk meredakan sesak nafas yang terasa. Dan perihal ini disebabkan karena kopi sangat efektif serta efisien untuk membantu membuka saluran hawa yang terhimpit pada dada.
  2. Hirup aroma minyak kayu putih
    Cara mengobati asma secara alami lainnya adalah dengan menghirup minyak kayu putih. Jika Anda sudah merasakan gejala asma terlihat dan terasa maka hiruplah aroma minyak kayu putih karena minyak kayu putih bisa membantu untuk menenangkan saraf sehingga bisa membantu mengurangi asma kambuh dan bisa membantu melebarkan serta meluaskan tarikan nafas Anda disaat asma sedang kambuh.

Pengobatan Penyakit Asma


=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Mengobati Penyakit Asma dan Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Asma and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pengobatan Penyakit Asma

  1. niluhsiska says:

    mantap yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *