Pengobatan Asma

Pengobatan Asma – Organisasi Kesehatan Dunia WHO memperkirakan penyandang asma sekitar 100-150 juta dari populasi penduduk dunia dan jumlahnya akan terus bertambah 180.000 setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri diperkirakan 2-5% penduduknya menderita asma. Angka yang cukup besar dan sangat mengganggu produktivitas si penderita. Pada penderita asma saluran pernapasan yang bentuknya seperti pipa bercabang mengalami penyempitan. Hal tersebut disebabkan banyak hal, seperti mengkerutnya otot-otot yang melingkari saluran napas, membengkakanya jarungan sekitar selpaut lendir dan produksi lendir berlebihan proses pernapasan di dalam paru terganggu.

Pengobatan Asma

Pengobatan Asma

Selain pengobatan terapi pernapasan baik untuk mengurangi risiko serangann dan membiasakan bernapas secara efektif dan benar. Manfaatnya dapat memperkuat otot-otot pernapasan sehingga si penderita mampu bernapas dengan baik.

Latihan pernapasan untuk Pengobatan Asma bagi penyandang asma dapat menguatkan otot pernapasan. Tujuannya jika serangan, penderita asma masih dapat bernafas dengan efektif. Senam pernafasan tidak mengurangi serangan namun membantu penderita agar dapat bernapas dengan efektif jika terjadi serangan. Kondisi tersebut dapat diperoleh denga berlatih bernafas secara teratur dan dikombinasikan dengan gerakan-gerakan. Latihan sebaiknya dilakukan secara rutin dalam kondisi sehat sehingga ketika terjadi serangan, penderita dapat menerapkan teknik bernafas yang efektif dan benar.

Latihan pernapasan juga memperkuat otot perifer, otot diafragma, otot paru-paru, dan otot jantung. Otot ini menjadi kuat dan tidak cepat lelah. Dengan latihan ini, paru-paru juga dapat menampung oksigen dengan kapasitas penuh. Pasokan udara yang besar ini sangat penting ketika terjadi serangan asma.

Berikut latihan pernapasan yang dapat dilakukan untuk penderita asma sebagai salah satu upaya dalam pengobatan asma:

1. Bernafas sambil tidur

Posisi dilakukan sambil tidur terlentang. Tekuk kaki dan letakkan tangan lurus dan sejajar di samping badan. Letakkan buku tebal/ kamus di atas perut. Hirup napas melalui hidung secara perlahan sambil mengangkat buku dengan otot perut tinggi-tinggi. Jaga otot dada tetap rileks. Bayangkan seolah anda sedang mengisis perut dengan oksigen. Hembuskan napas perlahan menggunakan perut atau sambil mengerutkan otot diafragma. Saat ekshalasi seharusnya lebih lama dibandingkan inhalasi. Latihan dilakukan sekitar 4 tarikan napas penuh per menit.

2.Pernapasan perut

Posisi dilakukan dengan tidur terlentang. Angkat lutu anda mengarah dada ketika menghirup nafas, dan menurunkanna ketika menghembuskan nafas.

3. Bernafas sambil duduk

Posisi duduk letakkan tangan di pinggang, jari telunjuk berada di muka tulang rusuk bagian bawah dan ibu jari berada di punggung. Rasakan tangan bergerak ke depan ketikan menghirup nafas. Keluarkan napas perlahan sehingga perut kempes kembali.

Penyakit asma merupakan suatu keadaan jangka panjang yang memerlukan penanganan kasus per kasus. Dengan mempertahankan suatu hubungan yang baik dengan dokter atau juga tim yang menangani pengobatan asma merupakan suatu hal yang penting untuk bisa melakukan pengobatan asma jangka panjang. Hal yang dibutuhkan adalah adalah usaha dari kedua belah pihak. Dan Anda harus memberitahukan gejala yang Anda alami kepada dokter dan tim penanganan asma dengan teratur dan juga sebaliknya, mereka juga perlu memberikan waktu yang cukup dan juga usaha untuk pengobatan asma akut.

Pada pengobatan asma pada anak Anda harus membuat suatu perjanjian dengan teratur pada anggota tim penanganan asma untuk membantu memantau gejala asma dan melakukan pengobatan asma bronkial yang dijalaninya. Dan sebagian besar dari praktek dokter, saat ini mereka menyediakan klinik asma dimana penilaian pada penyakit asma dilakukan dengan menyeluruh oleh perawat asma atau juga dilakukan oleh dokter yang sudah terlatih. Hal yang dilakukan adalah Anda harus mengunjungi dokter selama 6 bulan sekali, atau dilakukan dengan lebih sering jika Anda baru saja divonis menderita asma.

Cara mengobati asma secara alami dengan menggunakan pengobatan asma alternatif adalah cara hemeopati. Hemeopati ini bisa sangat berguna untuk mereka yang menderita asma jika pemicu dari asma adalah alergi bisa diidentifikasi dan dikendalikan, namun hal ini tidak selalu berjalan mudah untuk sebagian besar orang yang mempunyai satu atau lebih dari satu pemicunya. Walaupun beberapa suatu penelitian sudah menunjukkan bahwa hemeopati ini sangat bermanfaat dari cara mengobati asma, namun masih diperlikan lebih banyak lagi penelitian yang dilakukan dengan lebih banyak orang.

Cara mengobati asma dengan yoga dengan teknik memposisikan tubuh dan juga dengan melakukan teknik pernapasan untuk membantu meningkatkan kebugaran dan juga relaksasi yang sudah diteliti dalam suatu kaitan yang ada dengan asma. Dan beberapa latihan yang sudah diketahui sangat bermanfaat, yakni pasien biasanya akan memperoleh serangan asma dengan frekuensi yang lebih jarang dan juga suatu toleransi yang semakin tinggi pada pemicu dari penyebab asma tertentu.

Cara mengobati asma dengan menggunakan bahan alami adalah menggunakan kunyit. Bahan aktif yang ada di dalam kunyit adalah anti-inflamasi yang bisa membantu mengatasi masalah peradangan dan juga mempunyai tanggung jawab dalam hal pembengkakan paru-paru serta juga konstriksi saluran pernapasan pada sepanjang serangan asma. Hal ini dikarenakan bisa menolong untuk melebarkan pembuluh darah dan juga untuk membantu mengendurkan otot. Karena kunyit merupakan suatu senjata yang ampuh yang bisa membantu cara mengobati asma kembali kambuh.

Pengobatan Asma


=====================================

>>> Kapsul Herbal Asma Untuk Mengobati Penyakit Asma dan Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Asma and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Pengobatan Asma

  1. niluhsiska says:

    matapx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *